Saturday, July 14, 2012

Momen Kasih Sayang Rusa Tutul Istana Bogor.

Yang berkunjung ke kota Bogor dan lewat di depan Istana Bogor pasti dengan mudah menemukan kawanan rusa tutul yang berkeliaran dengan bebas di halamannya.
Sekarang malah seputar pagar depan Istana Bogor tepatnya di depan gedung sekolah Regina Pacis sampai depan Balaikota Bogor saat liburan pasti dipenuhi dengan anak-anak yang ditemani orangtuanya memberi makan rusa-rusa tersebut.

Semakin hari semakin banyak saja anak-anak yang sukacita memberi makan rusa-rusa tutul ini. Rusa yang diimpor dari perbatasan India-Nepal pada masa Gubernur Jendral Willem Daendels (1808-1811) ini menjadi semakin sehat dan bertambah banyak populasinya. Tahun ini tercatat sebanyak sekitar 600 ekor rusa yang berkeliaran di halaman Istana, lebih banyak dari daya tampung idealnya yang sebanyak 500 ekor saja.

Beberapa hari lalu saya menjadi salah satu saksi kelahiran bayi rusa tutul Istana Bogor. Anak rusa yang tertatih-tatih tampak sedang dibersihkan induknya. Lokasi yang dipilih untuk tempatnya melahirkan adalah di bawah pohon dekat pagar pembatas Istana sehingga saya bisa mengabadikan kejadian yang bisa dibilang langka terjadi. Sebuah momen kasih sayang warisan sejarah masa lalu.

Induk rusa sedang memandikan anaknya.
Sumber :http://www.republika.co.id/berita/regional/jabodetabek/12/01/30/lyl0dh-populasi-rusa-istana-bogor-membengkak ;  http://www.presidenri.go.id/istana/index.php/statik/sejarah/bogor.html

No comments: