Friday, February 11, 2011

Butuh uang berapa untuk menciptakan kebahagiaan??

Untul menjawab pertanyaan itu, saya pasang di status malam ini. Tiba-tiba saya ingin tahu karena melihat foto profil yang dibagi-bagikan teman di FB yang menggambarkan perjalanan mereka ke luar negari, kebersamaan keluarga di tempat wisata, penyaluran hobi yang ber-budget lumayan, sampai penunjukan diri dengan memajang apa yang mereka sudah punya.
Kebahagiaan itu sendiri apa? Sebuah benda keramat yang bisa ditunjukkan ke semua orang atau sebuah rasa yang tidak bisa diperlihatkan wujudnya tapi hanya bisa dirasakan? Apakah sebuah senyum atau tawa bisa kita indikasikan sebagai kebahagiaan? Katanya dengan senyum dan tawa bisa bikin kita awet muda, apakan senyumnya atau perasaan di baliknya?
Ukuran kebahagiaan juga ga jelas. Kalau bahagia bisa dibeli, berapa biaya yang harus kita keluarkan untuk mewujudkannya? Ukuran lagi2 harus jadi bahan pertimbangan jika kita ingin membeli kebahagiaan. Untuk apa Gayus menerima pekerjaan yang sangat beresiko bagi dirinya dan keluarganya? Apakah dia sangat yakin uang bisa membeli kebahagiaan? Kalau kita lihat pertunjukan reality show di televisi, sebuah keluarga bahkan bisa menangis bahagia dengan kiriman sembako atau sejumlah uang yang bisa dihabiskan Gayus dalam hitungan menit bahkan detuk?
Priceless...buat saya untuk mewujudkan kebahagiaan cukup dengan tidak menciptakan kesedihan, tidak mengingat penderitaan dan melupakan apa yang sudah kita korbankan. Senyum yang kita munculkan cerminan senyum hati kita, tawa kita adalah rasa senang dihati yang kita bagi dengan orang yang kita sayangi. Bukan senyum palsu yang kita tunjukkan untuk dapat pujian atau tawa palsu buat sesuatu yang tidak lucu.
Sampai saat ini memang belum ada tempat yang menyediakan dan menjual kebahagiaan hakiki. Kebahagiaan adalah milik dan hak pribadi seseorang yang tidak bisa diganggu gugat. Saya cukup bahagia bisa merasakan angin menerpa wajah di pagi hari dan bisa sangat bahagia melihat senyum my angels menyebut nama saya; 'Mama..'

No comments: