Sunday, April 24, 2011

Green Campaign Bike To School, dan Ilham pun tertidur.


Hari Minggu ini saya, mantan pacar dan Ilham ikut serta dalam green campaign yang diadakan Sekolah Alam Bogor dalam melaksanakan bike to school. Jam 6 pagi, langit tampak mendung, sempat ragu membawa Ilham yang didudukkan di kursi rotan, namun semangat untuk ikut dalam acaranya mengalahkan segala cemas sambil berdoa dalam hati semoga hujan tidak mengguyur saat fun bike.

Ilham seperti tak mau ketinggalan, dia bangun paling pagi. Setelah minum susu dan sarapan akhirnya Ilham dengan rapi duduk di kursi rotannya. Langsung tujuan kita Taman Kencana.
Di depan Agripark Taman Kencana sudah menyemut para peserta Fun Bike yang terdiri dari anak2 dan ayah bundanya. Karena masih persiapan akhirnnya menyempatkan ketemu dengan Bapak2 biker dari Topas Cycling Bogor yang udah lama banget ga ketemu.

CFD (Car Free Day) di Sempur sementara ini sudah menjelma menjadi tempat banyak orang mengais rezeki. Menggoda banyak anak tak terkecuali Ilham. Melihat balon warna-warni langsung tangannya menunjuk disertai rengekannya yang khas.. mmmhh..
Meski dirayu dengan berbagai macam cara Ilham tetap keukeuh minta balon. Tapi lalu lihat balon tiup spiderman Ilham berubah pikiran, "Mammaaahh... pengen sepidermeeeennnn....," airmata mulai mengalir memperkuat keinginannya.. duuuhhh...

Mulai Fun Bike, selain Ilham, boneka balon spideman dengan nyaman dipeluk Ilham diatas kursi rotannya. Para marshal yang terdiri dari guru2 dan komunitas bersepeda mulai mengatur anak2 peserta fun bike. "Ayo dua dua yaaa...." katanya. Tapi keramaian dan kesemrawutan jalan raya mulai terasa saat masuk ke jalan Sudirman. Kendaraan bermesin seakan berlomba dan sama sekali tidak memberi kesempatan sepeda untuk bisa jalan dengan nyaman. Mulai semangat anak-anak membuat mereka kurang berhati-hati dan kurang waspada terhadap kendaraan lain. Ada baiknya jika melibatkan anak2 dalam fun bike, satu anak didampingi oleh satu orangtua. Hal ini yang kurang ditekankan oleh panitia. Pun pada saat my friend TARIE ingin mendampingi satu anak yang terlepas dari rombongan, anak tersebut malah mengayuh pedalnya lebih cepat seperti ingin berlomba.. tsktsk..

Cuaca dingin dan hujan gerimis yang mulai turun, untunglah hujan tidak jadi besar. Malah membuat Ilham terkantuk-kantuk sepanjang jalan di kursinya. Boneka spiderman nya dipeluk dan dijadikan bantal.
Sampai di lokasi Sekolah Alam Bogor, hujan mulai turun. Ilham lalu asyik melihat-lihat bangunan Sekolah Alam yang sangat terbuka.
Hujan turun semakin lebat tapi tak mengalihkan perhatian para peserta fun bike dalam workshop tentang 'bersepeda' yang dibawakan oleh Dhani dari Bike to Work Bogor. Sempat pula ternyata ketemu teman SMA yang anaknya bersekolah disana.

Dari fun bike kali ini saya hanya berharap pengguna jalan lain lebih berhati-hati dan menghargai pengendara sepeda. Tidak selalu seperti terburu-buru sruduk sana sruduk sini sampai menyebrang jalan di zebra cross (yg khusus disediakan untuk penyebrang jalan) pun sulit nya minta ampuuunn..
Smangat terus ber-Bike to School !

No comments: