Cepat Sembuh!

Siang tadi baru saya dengar kabar ada teman yang masuk rumah sakit sejak hari Jumat. Akhirnya di sela-sela waktu mengajar tadi, saya sempatkan menjenguk bersama teman dan beberapa orang murid kelas 8. Melihatnya terbaring tanpa daya begitu rasanya sedih juga. Padahal dalam keadaan biasa kami seringkali saling 'menjatuhkan' saat diskusi atau "ngekeak" dalam bahasa Sunda yang bila diterjemahkan bebas berarti saling ledek.


Baru 2 minggu yang lalu dia sakit, vertigo. Saat ditanya ternyata karena minum obat pencahar saking ingin kurus. Ternyata sakitnya berlanjut, typus nya kambuh. Tak lama ternyata harus dirawat karena pembengkakan jantung. Duuh miris betul..
Saya ingat-ingat teman ini selalu sakit di 6 bulan pertama tiap tahunnya. 2 tahun lalu bed rest karena typus, tahun berikutnya darah tinggi yang memaksanya istirahat. Saya jadi penasaran apakah kondisi tubuh seseorang bisa menurun atau menjadi prima pada saat yang sama setiap tahunnya?

Keterangan yang saya peroleh hampir tidak ada yang menjelaskan demikian. Yang ada hanya orang dewasa yang bisa terkena flu 2-4 kali dalam setahun atau pentingnya menjaga kondisi tubuh saat cuaca pancaroba. Kalau itu saya juga tahu, tak perlu sampai harus isi pulsa modem begini.. (lha...). Cuaca yang berubah berarti suhu udara juga berubah, kadang panas kadang dingin. Tubuh kita bolak-balik menyesuaikan dengan suhu tersebut dan jadi galau. Kalau tak kuat, sakit. :(

Atau apakah menurunnya kondisi teman tadi dipengaruhi oleh beban pekerjaan yang memang semakin menumpuk pada bulan-bulan itu? Desember setelah mengolah nilai untuk raport semester ganjil dan persiapan untuk semester berikutnya. Ketegangan dengan rekan kerja? Tuntutan untuk menjadi selalu perfect? Entahlah, yang jelas saya doakan semoga kamu cepat sembuh.

Comments

Popular Posts