Hello TASIKMALAYA

Ada hal yang disukai bila saatnya 'terpaksa' meninggalkan kelas dan keluarga, yaitu: mengunjungi tempat baru. Pelatihan tentang "Pemanfaatan Website Dalam Pembelajaran RSBI" yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Jawa Barat kali ini mengambil tempat di Hotel Taman Mangkubumi Indah, Mangkubumi, Tasikmalaya. Walaupun termasuk salah satu kecamatan di wilayah Kota Tasikmalaya, namun lokasi hotel cukup jauh dari kota Tasikmalaya, sekitar setengah jam perjalanan menggunakan kendaraan umum (angkot).

Kami menumpang bus Primajasa jurusan Lebak Bulus-Tasikmalaya. Masuk kota Tasikmalaya kami disambut hujan rintik-rintik
yang membuat udara sore menjelang malam (sekitar pukul 17.30) sedikit membuat badan menggigil. Angkot 05 yang kami tumpangi berjalan dengan kecepatan sedang sambil mencari penumpang (angkot hanya berisi saya dan rekan yang sama-sama berangkat dari Bogor). Sambil berjalan perlahan, mata saya berpesta melihat ke kiri kanan jalan. Kawasan pertokoan baru dan pertokoan lama, menawarkan suasana yang hangat dan bersahabat. Di satu pojok jalan ada tenda dengan judul yang semakin membuat hangat: tahu HOT JELETOT... sudah mah hot (panas) nga JELETOT lagih.. kebayang pedesnya.. seuhah deh..


Karena tiba di hotel saat suasana sudah gelap, saya baru melihat sekitar hotel pagi ini. Ternyata Hotel Taman Mangkubumi yang berlokasi di Keluarahan Mangkubumi, Kecamatan Mangkumi, Kota Tasikmalaya bagian Barat yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tasikmalaya (Singaparna). Pantas saja agak jauh dari kota. Menarik yang saya temukan pagi ini, selain lokasi hotel yang berhadapan dengan sawah yang menghijau, saya mencoba bubur ayam khas Tasikmalaya. Belum jam 07.00 pagi, tenda bubur yang berlokasi di depan SDN Mangkubumi 2 pagi itu dipenuhi pelanggan yang bertabur tumisan hati dan rempela ayam. 


Bubur khas Tasikmalaya dengan tauran bawang daun..mmm
Uniknya selain disediakan irisan bawang daun yang bisa kita ambil sesuai selera, disediakan juga irisan ketimun! Akhirnya sambil memperhatikan anak-anak SD yang datang dengan semangat menuju gerbang sekolah, saya nikmati sensasi baru makan bubur plus bawang daun, plus ketimun, kerupuk dan emping.. mmm.

Sempat mata saya tertuju pada sebuah papan bertuliskan "TIM SUKSES" yang ada di depan sekolah tersebut. Kaget juga karena dalam pikiran awam saya tim sukses artinya tim yang dengan segala upaya (termasuk yang negatif) mengusahakan kelulusan anak-anak didik dengan nilai baik. Namun ternyata Tim Sukses yang dimiliki kecamatan Mangkubumi ini adalah untuk menuntaskan pendidikan dasar 9 tahun, Bravo!
Sekretariat Tim Sukses.



Comments

Popular Posts