Di Ujung Penantian.

Hal yang sedang happening di dunia pendidik saat ini adalah cairnya tunjangan sertifikasi guru dan tunjangan fungsional guru bagi mereka yang belum PNS. Setelah tertunda kurang lebih enam bulan akhirnya rekening saya dan teman-teman bertambah. Jumlahnya? rekening saya bertambah hanya 10%nya dibandingkan teman-teman yang sudah lulus sertifikasi.

Walaupun jumlahnya kalah banyak, namun tetap saja hal tersebut sangat membahagiakan saya. Penantian panjang ini akhirnya berhenti. Liburan ini akhirnya saya bisa mengajak anak saya menonton film kesayangannya. membelikan sesuatu yang ia inginkan dan membayar sebagian tagihan yang sempat tertunda.

Reaksi teman-teman juga berbeda-beda. Karena jumlahnya yang "sangat banyak" beberapa teman-teman sampai gemetar melihat saldo atm nya bertambah. "saya ga pernah punya saldo sebanyak ini di rekening.." lalu dilanjutkan dengan senyumnya yang cerah. Ada lagi yang berniat menyelesaikan pembangunan rumah yang sempat tertunda, melunasi cicilan kendaraan, dan banyak lagi. Saya, walaupun saya tidak ikut menerima uang sejumlah itu, namun kebahagiaan yang terpancar dari wajah-wajah mereka membuat saya ikut senang.

Itulah fenomena para pendidik yang sedang berbagi kebahagian. Senyumnya jadi cerah, dan berpengaruh terhadap semangat kerjanya yang bertambah. Murid-murid ikut merasakan kebahagiaan para gurunya. Penantian yang lama dan meresahkan hilang seiring bertambahnya saldo mereka, dalam hati saya bertanya: 'kapan saya akan ada di tempat mereka?'. Semoga saja penghargaan yang mereka peroleh akan seiring dengan peningkatan profesionalisme dan kinerja teman-teman sebagai guru. Maju terus pendidikan Indonesia!!

Comments

C said…
This comment has been removed by the author.

Popular Posts