What a Questionaire....

Pihak komite sekolah tempat saya mengajar baru-baru ini mengeluarkan kuisioner yang harus diisi oleh para guru, peserta didik dan orangtua. Salah tiga pertanyaannya adalah tentang guru idola, strategi pembelajaran serta gaya mengajar yang paling pantas dilakukan oleh para guru. Pertanyaan-pertanyaan ini sangat menggelitik saya.

"apakah anda adalah seorang guru yang diidolakan oleh murid-murid?" begitu kira-kira pertanyaannya.
Batin saya narsist banget kalau ternyata saya menjawab, "Ya, saya adalah guru idola."
jadi senyum-senyum sendiri saya.. dan bersyukur juga saya tidak termasuk golongan narsist tadi..

Pertanyaan lain tentang pelaksanaan strategi pembelajaran. Apakah saya sudah melaksanakan strategi yang baik di kelas.. kira-kira begitu. Lagi-lagi batin narsist kalo sampai saya menjawab sudah.. padahal yang penting adalah usaha kita untuk membuat pembelajaran jadi menarik, mudah dimengerti dan dipahami secara kontekstual oleh para siswa.

Terakhir pertanyaan tentang gaya belajar yang paling baik dilaksanakan. Ini sangat tergantung materi apa yang akan kita berikan, sedalam apa pemahaman yang harus dimiliki murid dan terkait sangat erat dengan strategi. Akhirnya begitu jawaban saya.

Diluar narsist atau tidak jawaban-jawaban yang saya berikan hari itu, yang pasti usaha agar murid bisa tertarik untuk belajar, peningkatan keahlian dan profesionalisme serta perbaikan diri adalah mutlak perlu agar kita sebagai guru benar-benar layak untuk diGugu dan ditiRu.

Comments

Popular Posts