1431

Jumlah teman yang terdaftar dalam facebook saya hari ini adalah 1.431 account. Buat saya jumlah itu sangat fantastik, tapi apa betul itu jumlah teman saya? bila saya hitung 38 tahun hidup saya, rasanya itu jumlah yang sedikit...


Tapi bukan jumlah teman yang ingin saya bicarakan hari ini. Hari ini saya ingin menulis tentang bagaimana teman bisa mempengaruhi kita. Teman bisa jadi adalah orang yang paling dekat dengan kita. Bahkan orangtua atau suami/istri kedekatannya bisa kalah oleh teman. Coba kita perhatikan, banyak orang yang hubungannya kurang baik dengan orangtua hanya karena pergaulan (baca: teman). Atau berapa banyak yang tadinya teman akhirnya menjadi pasangan hidup kita. Yup, seorang teman seringkali tidak menuntut kesempurnaan kita dan sangat mengerti dengan kekurangan kita.

status pencerah.
Bila saya perhatikan di facebook, teman saya yang jumlahnya 1.431 account tadi belum tentu semua pernah melihat atau membaca apa yang kita tulis di wall kita. Hanya nol koma sekian persen yang pernah mampir untuk sekedar me-"like" atau berkomentar pada status kita. Pernahkah di-"tag" sesuatu oleh teman yang samasekali tidak kita kenal padahal statusnya adalah teman kita? Saya pernah. Ini yang akhirnya membuat saya berfikir bahwa angka 1.431 akhirnya adalah hanya sekedar jumlah account, bukan jumlah teman.

Saya juga bukan orang yang rajin me-"like" atau berkomentar pada status teman-teman saya. Tapi tidak me-"like" atau memberi status belum tentu tidak menganggap teman. Buat saya sekedar membaca status teman-teman, saya tahu apa yang terjadi pada mereka. Paling tidak meng-Aamiin kan dalam hati doa-doa mereka. Beberapa bahkan memberi inspirasi untuk selalu berfikir positif setiap hari.  Paling tidak itulah pengaruhnya jejaring sosial buat saya. Komentar dari teman seringkali membuat saya lebih sabar dan bisa mentertawakan kesialan sendiri, membuat saya berfikir dan merasa beruntung memiliki teman yang masih mau mendukung dengan kata-kata. Senang juga bila kemudian saya bisa punya pengaruh yang sama buat teman-teman.

Mungkin suatu saat saya akan mengurangi jumlah account di daftar teman saya. Tapi setiap kali saya mulai akan memilih, ternyata mereka betul-betul orang-orang yang saya kenal. Jadi akhirnya saya terima saja jumlah 1.431 sambil mulai saat ini betul-betul menyeleksi siapa yang bisa kita tambahkan kedalam daftar teman agar saya bisa lebih berarti buat mereka dan sebaliknya.

Comments

Popular Posts