Friday, May 24, 2013

Penentuan KTSP Kurikulum 2013.

Hari ini kegiatan workshop Peningkatan Mutu Pendidikan memasuki hari kedua. Bahasan kami mengenai  penentuan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) tahun pelajaran 2013/2014. Mengetahui bahwa kurikulum 2013 kemungkinan besar akan diimplementasikan di sekolah kami pada tahun ajaran baru Juli mendatang, penyusunan KTSP akan berdasarkan sturuktur kurikulum 2013 yang dikeluarkan pemerintah.

Jumlah jam yang diakui pada kurikulum 2013 sejumlah 38 jam per minggu, berkurang 6 jam dari KTSP sebelumnya sebanyak 42 jam. Hal ini akan mengakibatkan waktu belajar kelas 8 dan 9 lebih lama dibandingkan dengan kelas 7. Bila memungkinkan keinginan sekolah kami dengan  Visi  "Dengan IMTAQ dan IPTEK pada tahun 2017 SMP Negeri 1 Bogor menjadi sekolah unggulan, berwawasan lingkungan dan berdaya saing internasional" ini tetap akan melayani dengan mutu yang minimal sama dengan pelayanan tingkat RSBI selama ini. Hal ini juga diungkapkan oleh Kadisdik Kota Bogor pada saat pembukaan acara workshop kemarin sore.

Kesamaan pelayanan mutu bisa dimulai dengan melayani siswa dengan jumlah jam yang sama. Kendalanya adalah Pemerintah hanya akan mengakui jam belajar hanya 38 jam. Rencana berikutnya adalah mengembalikan kembali kepada masyarakat dalam hal ini orangtua siswa apakah bisa memenuhi kekurangan pembiayaan untuk kelebihan jam yang akan diberlakukan sementara untuk pemenuhan tenaga pengajar kami akan memberdayakan tenaga honorer yang ada.

Untuk lebih jelasnya, modifikasi Jam Pembelajaran di kelas 7 tahun pelajaran 2013/2014 bisa dilihat dalam tabel berikut:


Ini baru sekedar rencana. Implementasinya kembali kepada keinginan masyarakat akan dibawa kemana arah pembelajaran selanjutnya. Sepertinya lagi-lagi saya harus menunggu...


No comments: