Blog Apa Ya?

Dari hasil rapat tadi sore, MONEV nilai profesionalisme guru selain dilihat dari perencanaan pembelajaran, pemberian item test, serta penilaian yang diberikan, dilihat juga apakah seorang guru menguasai IT dengan aktif atau tidak. Pengukurannya adalah dari penguasaan program office, serta memanfaatkan internet dengan memiliki akun email, serta Facebook.
Lucu juga memang, kenapa facebook? kenapa tidak spesifik menyebutkan apakah seorang guru mempunyai akun blog yang secara khusus berisi tulisan2 bukan cuma sekedar berbagi status "what's in your mind". Walaupun sebenarnya, tidak saya pungkiri, akun facebook banyak juga menghubungkan saya dengan siswa, memberi saya inspirasi dan berbagi dengan mereka di kolom notes, tapi belum ada point khusus bagi para guru yang aktif mengelola sebuah blog.

Bicara soal blog pembelajaran, bukan tidak ingin saya buat, tapi saya masih berpikir bahwa saya ini guru galau. Galau karena beberapa mata pelajaran yang saya ampu dengan waktu yang singkat. Ekonomi untuk tiga bulan, Geografi dan Sejarah untuk 1 tahun, IPS terpadu tahun berikutnya, tidak mengajar samasekali (administrasi) 6 bulan berikutnya, asisten guru TIK untuk satu tahun, PLH tahun berikutnya, saat ini mata pelajaran TIK dengan diselingi mengganti guru TIK yang kebetulan menunaikan ibadah haji dan pensiun. Belum lagi sudah beredar kabar tahun depan saya akan dipindah lagi untuk mengajar PLH, padahal saya belum pernah mendapat pemberitahuan secara resmi.

Buat saya, berpindah dari satu mata pelajaran ke mata pelajaran lain menjadikan kemampuan serta pengetahuan saya tidak fokus. Rasanya tidak ada kesempatan untuk berkembang karena keterbatasan niat dan pelaksanaan terbentur waktu yang kurang memadai. Saat niat fokus di IPS tiba-tiba loncat ke TIK, lalu locat lagi ke IPS, belum lama diloncatkan lagi ke PLH, terakhir di TIK dengan gossip akan dikembalikan ke PLH. Bukan main galau dan berputar banyak pertanyaan di kepala saya: kalau seandainya saya ingin menjadi guru profesional yang mengelola sebuah blog, Blog apa ya kira-kira yang harus saya buat? IPS? TIK? PLH? atau Administrasi sekolah??
Akhirnya saya masih disini, berkutat di Blog curhat suka-suka... :)

 


Comments

Popular Posts