Saturday, September 8, 2012

Restart Otak @akberbogor.

Saat komputer kita mendadak tidak memberikan respon, mungkin itu saat yang tepat untuk melakukan restart. Lalu pada saat otak kita yang hang, yang ditandai oleh respon yang lambat alias 'lemot' atau tidak fokus, terlihat sering melamun, tugas-tugas yang tidak selesai .. mungkin saatnya kita me'restart' otak kita.

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk 'mengistirahatkan'nya sejenak untuk kemudian menyalakan lagi. Otak punya kemampuan untuk memanajemen kecerdasan dan emosi. Pada titik tertentu bila antara emosi dan daya berfikir kita tidak sinkron,
hal tersebut dapat berpengaruh terhadap otak belakang yang bertugas mengatur secara instingtif organ tubuh kita, maka akibatnya fisik kitapun terganggu, jadilah kita merasakan pusing, tubuh lemas, perut sakit dan segala jenis sakit yang datangnya tak tentu.

Hal ini terjadi pada saya beberapa waktu yang lalu. Saatnya restart! Kebetulan hari Sabtu ini Akademi berbagi Bogor menampilkan seorang blogpreuneur kambing etawa, mas Totok Sugiharto. Ini salah satu cara untuk merestart otak karena dari mendengarkan 'cerita' orang lain biasanya menimbulkan suatu pencerahan.

Seorang Totok, berani keluar dari zona nyaman sebagai seorang direktur tehnik di sebuah perusahaan. Semangat usahanya berawal dari motto: "jangan menjengkali keinginan Tuhan, karena Tuhan mempunyai keinginan yang sangat kreatif dan tidak terbatas". Seringkali seseorang yang kuliah kedokteran membatasi dirinya hanya untuk menjadi seorang dokter. Inilah yang dimaksud dengan menjengkalli keinginan Tuhan. Bila pola pikir kita demikian, kita akan puas hanya dengan melakukan segala sesuatu dengan normal, padahal kita masih bisa untuk menjadi 'luar biasa'.

Mottonya yang lain berasal dari pepatah jawa yang jika diartikan kira-kira berbunyi: "putihnya beras karena bergesekan dengan beras yang lain"  Artinya, pengaruh lingkungan berpengaruh sangat besar untuk menjadikan akan menjadi seperti apa kita. Karenanya sangat penting bila kita kemudian bergaul dengan orang-orang yang berpikiran positif dan terbuka. Jika kita banyak bergaul dengan orang di lingkungan 'zona aman' alhasil dalam waktu yang tidak terlalu lama kita bisa jadi seperti mereka.

Pembicaraannya sendiri tentang kambing etawa barangkali kurang saya pahami, namun kekuatan pasar online begitu jelas dan nyata ditunjukkan disini. Barangkali bidang ini yang akan saya coba suatu saat nanti ketika keberanian untuk keluar dari zona aman yang ternyata sangat tidak aman saya miliki. Karena cita-cita yang tak terbatas adalah juga kekuatan untuk memulai kesuksesan.

pesan Totok di akhir presentasinya adalah:
berbagi tidak mungkin miskin
nasib baik tidak pernah salah memilih hanya pada yang mau belajar dan maju dia berpihak
semua ingin sukses namun tidak semua mau menjadi jalan enuju kesuksesan
keberhasilan dihasilkan dari kerja keras dan airmata pengorbanan
setiap orang mempunyai jalan berbeda menuju sukses namun proses yang sama
kemauan, kemampuan, kesempatan
mari kita sukses!

No comments: