Negeri Gurindam 12, Menuju Lagoi.

Sekitar pukul 10 pesawat tiba di Bandara Raja Haji Fisabilillah - Tanjung Pinang. Seolah menyambut kedatangan kami, hujan turun rintik-rintik. Sisa hujan lebat sebelumnya tampak pada landasan yang basah dan bau amis menyengat seketika tercium di udara, entah dari mana. Petugas Bandara dengan sigap menyiapkan payung-payung besar dibawah tangga pesawat. Selamat datang di pulau Bintan, Kepulauan Riau, Negeri Gurindam 12.

Rasa dingin yang sangat di kabin pesawat berganti menjadi udara yang lembab dan basah. Segera ke toilet dan siap didepan rel bagasi untuk mengambil koper kami. Rupanya hujan cukup menahan barang bawaan kami turun dari pesawat. Dan koper kami datang dalam keadaan basah. Untunglah isinya tidak ikut menjadi basah.
Di pintu keluar sudah siap seseorang dengan tulisan Bpk. Harris Maulana .. sarana yang akan membawa kami ke Lagoi. Bersalaman, berbasa-basi, foto-foto sejenak lalu cusss .. kami berangkat. Tomy nama driver kami, asli dari Sumatra Utara baru satu tahun tinggal di Bintan sudah cukup hafal dengan keadaan di sekitar Bintan. Termasuk hujan yg turun karena 'musim Utara', angin yg bertiup dari Utara membawa hawa dingin dan hujan.

Dalam perjalanan menuju Lagoi kami melewati Vihara Avalokitesvara Graha, sebuah tempat beribadah umat Budha yang kabarnya terbesar se Asia Tenggara. Sambil masih hujan rintik-rintik kami mengabadikan kekaguman kami akan mahakarya yang sarat makna. Sudah puas mengambil gambar kami segera melanjutkan perjalanan berharap sempat makna siang sebelum waktu sholat jumat.
Jarak antara tanjung pinang - Lagoi sekitar 65 km ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam melalui jalan baru. Dari jalan ini tampak gunung Bintan yang merupakan satu-satunya gunung di pulau Bintan. Mengorek soal nama Bintan, bang Tomy bilang konon di Bintan banyak terdapat intan sehingga disebut pulau berintan dan jadilah Bintan.

Setelah melalui jalan yang lurus dan beberapa jembatan lebar yang membelah sungai serta muara, kami tiba di kawasan Lagoi. Sebuah kawasan yang dikembangkan oleh pihak swasta untuk aset wisata. Untuk masuk ke Lagoi dikenakan biaya 5k satu kendaraan dan didata isinya sehingga pos depan tahu benar berapa orang yang keluar masuk Lagoi. Masih sempat maksi, kami dibawa ke kawasan pujasera, daerah yg khusus diperuntukan untuk para pegawai di kawasan Lagoi. Tempatnya mirip perumahan atau asrama tepatnya, karena satu bangunan bisa berisi beberapa rumah seperti bangunan kontrakan disini. Di Pujasera sendiri terdapat pedagang sayuran, pedagang makanan jadi dan toko kebutuhan sehari-hari.

Kami tiba di kawasan pujasera jam 11, sempat untuk menyantap masakan Padang sebelum sholat jumat. Rasa lapar membuat makanan kami menjadi tambah lezat dilengkapi dengan rasa hangat dan sedap dari teh prendjak, teh khas tanjung pinang. Tak berlama-lama, tujuan kami selanjutnya mesjid Raya. Jangan membayangkan bangunan mesjid yg besar dan megah bila melihat namanya, mesjid ini unik dengan bangunan yg terbuat dari kayu seluruhnya. Besarnya cukup untuk menampung mereka yg tinggal di pujasera. Kami menunggu para lelaki sholat sambil mengamati seragam sekolah anak2 Lagoi yg berbentuk baju Koko panjang dan longgar khas melayu serta baju kurung untuk perempuan dengan warna-warna yg cerah seperti oranye dan hijau terang ada pula yang pink cerah.
Selesai sholat kami langsung menuju Bintan Lagoon Resort tempat kami akan menginap selama 2  malam. Resort yg terdapat di Lagoi semuanya menawarkan fasilitas bermain golf dan olahraga air. Tempat wisata umum yang bisa dikunjungi diantaranya mini zoo dan kolam renang yang super besar meliputi area kurang lebih 1Ha (kata bang Tomy).
Bagi masyarakat umum seperti kami, menginap di Lagoi akan dirasa cukup mahal, beruntung kali ini kami nebeng fasilitas yg ditawarkan buat ayah blogger.. selamat datang di Bintan Lagoon Resort.