Wednesday, July 21, 2010

Singapura; "The Merlion is Taking a Shower"


City tour (atau country tour?) Singapura yang sangat mungil dibanding Indonesia memungkinkan kita berkeliling Singapura dalam satu hari. Hari kedua di Singapura, kami diajak berkeliling mengunjungi situs-situs bersejarah di Singapura. Mulai dari patung Raffles sampai gedung parlemen, mulai dari Singapore Flyer hingga Marina Bay Sands dengan sky parknya. Selain itu melewati juga tempat-tempat belanja di Singapura yang luar biasa.

Tentu saja belum lengkap tanpa mengunjungi The Merlion, patung singa dengan buntut ikan. Sejarah mahluk setengah singa setengah ikan ini bermula ketika Pangeran Sang Nila Utama saat ia menemukan kembali Singapura di tahun 11 M, seperti yang tercantum dalam “Sejarah Melayu”. Ekor ikan sang Merlion melambangkan kota kuno Temasek (berarti “laut” dalam bahasa Jawa), nama Singapura sebelum sang Pangeran menamakannya “Singapura” (berarti “Kota Singa” dalam bahasa Sansekerta) dan juga melambangkan awal Singapura yang sederhana, yaitu sebagai perkampungan nelayan.

Pemandu kami adalah Mr. Shoon, seorang guru sejarah di Hua Yi Secondary School, sekolah yang kami kunjungi untuk studi banding kali ini. Mr. Shoon sangat baik menjelaskan situs-situs di Singapura dan tipikal orang yang sangat serius. Ketika tiba melintasi patung Merlion, betapa kecewanya kami ketika seluruh badan merlion ditutupi oleh plastik biru, sehingga rencana semula kami untuk sekedar berfoto di ikon kota singa ini batal. Mr. Shoon bilang bahwa ; "I'm sorry we can't see the merlion because the merlion is taking a shower," saya tersenyum lalu tertawa ketika Mr. Shoon bilang "True..true.. he is taking a shower". Saya pikir orang serius seperti Mr. Shoon bisa juga bercanda ketika mengatakan merlionnya sedang mandi. Namun tak lama tawa saya pecah tambah keras ketika membaca tulisan "SORRY THE MERLION IS TAKING A SHOWER", rupanya Mr. Shoon membaca papan petunjuk yang menyatakan merlionnya sedang mandi... berarti, Singaporean lucu juga untuk menyatakan merlion sedang dibersihkan dalam rangka peringatan kemerdekaan Singapura pada 9 Agustus mendatang... ^_^

No comments: